TUGAS 2
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Semua negara mengatur perdagangan dengan negara lain
dan mengawasai akses orang asing terhadap sumber daya nasional. Setiap
negaramempunyai sistem hokum, peraturan, dan tradisi tersendiri yang unik, yang
menimbulkan dampak pada kemampuan pemasar global untuk mengarahkan pada peluang
pasar dalm sebuah negara. Ada peraturan untuk mengekspor dan mengimpor berbagai
barang, uang, orang, dan pengalaman melintasi batas-batas negara. Selain itu,
pendapat standard dan peraturan kesehatan dan keamanan bagi industri dan
konsumen di samping peraturan yang menyangkut kemasan, penempelan label, dan
iklan serta promosi. Pemasar global harus beroperasi sesuai dengan rangkaian
hambatan nasional yang unik ini. Sering kali hambatan ini meragukan dan selalu
berubah.
Makalah ini meninjau perkembangan hokum internasional
agar para pengusaha dapat mengetahui cara yang efektif untuk memasuki pasar
pada suatu negara tertentu.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
permasalahan tersebut dapat kita tentukan tujuan sebagai berikut :
a.
Bagaimana dengan
lingkungan politik ?
b.
Bagaimana dengan hukum
internasional ?
c.
Bagaimana mengelakan
permasalahan hukum ?
d.
Bagaimana pemecahan
konflik, penyelesaian, dan prosen pengadilan ?
e.
Bagaimana lingkungan
pengaturan ?
1.3
Tujuan
Berdasarkan
permasalahan tersebut dapat kita tentukan tujuan sebagai berikut :
a.
Untuk mengetahui
bagaimana lingkungan politik, legal dan regulasi manajemen pemasaran global.
b.
Untuk melengkapi tugas
mata kuliah Manajemen Pemasaran Global.
BAB II
POKOK PEMBAHASAN
2.1 Lingkungan politik
Aktivitas pemasaran global mengambil tempat dalam lingkungan
politik institusi pemerintah, partai politik, dan organisasi melalui
orang-orang dan aturan negara dengan menggunakan kekuatan. Setiap peerusahaan
yang menjalankan bisnis diluar negara asalnya harus hati-hati mempelajari srtuktur pemerintahan di negara
yang menjadi sasarannya dan menganalisis isu-isu yang menyolok yang timbul dari
lingkungan politik. Hal ini termasuk sikap pemerintah terhadap kedaulatan,
resiko politik, pajak, ancaman pencairan saham, dan penyitaan.
2.1.1
Kedaulatan
Kedaulatan dapat didefinisikan sebagai
otoritas politik yang tertinggi dan independen. Tindakan pemerintah atas nama
kedaulatan terjadi dalam konteks dua kriteria yang penting: tahap perkembangan
suatu negara serta sistem politik dan ekonomi yang diterapkan negara tersebut.
Banyak pemerintah di negara-negara berkembang mengembangkan perekembangan
perekonomian nasional mereka dengan melakukan proteksi hukum dan regulasi.
Sasarannya adalah untuk mendorong perkembangan ekonomi dengan memproteksi
industri perintis dan industri strategis. Sebaliknya. Ketika banyak negara
mencapai tingkat perekonomian yang tinggi, pemerintah mereka mengumumkan bahwa
setiap praktik atau kebijakan yang menghambat perdagangan bebas itu adalah
ilegal.
2.1.2
Resiko Politik
Resiko politik merupakan resiko perubahan
kebijakan pemerintah yang pengaruhnya akan merugikan kemampuan perusahaan untuk
beroperasi secara efektif dan menghalangi perusahaan yang ingin berinvestasi di
luar negeri. Tingkat resiko politik proporsional dengan tahap perkembangan
ekonomi sebuah negara: semakin kecil perkembangan suatu negara, semakin besar
resiko politiknya.
2.1.3
Pajak
Tidak jarang sebuah perusahaan
didaftarkan di sebuah negara, melakukan bisnis dinegara lain, dan mempunyai
kantor di negara ketiga. Kegiatan yang tersebar secara geografi ini memerlukan
pemikiran khusus untuk pembayaran pajak. Banyak perusahaan yang melakukan
usaha-usaha tertentu untuk meminimalisasi
kewajiban pajaknya dengan memindahkan lokasi pendapatannya.
2.1.4
Kontrol atas Saham
Pemerintah setempat terkadang mencoba untuk
mengendalikan kepemilikan perusahaan yang dimiliki asing yang beroperasi di
dalam batas wilayah mereka.
2.1.5
Penyitaan
Penyitaan
mengacu pada tindakan pemerintah untuk menghapuskan sebuah perusahaan.
Kompensasi umumnya diberikan pada inverstor asing, meskipun tidak selalu dengan
cara yang cepat, efektif dan memadai dengan standar internasional.
Nasionalisasi terjadi jika kepemilikan barang atau aset yang dipermasalahkan
dialihkan kepada tuan rumah pemerintahaan. Jika kompensasi tidak dilakukan,
maka tindakan itu lebih tepat disebut konfiskasi (confiscation). Istilah
penyitaan yang merambat telah telah diterapkan untuk membatasi kegiatan ekonomi
dari perusahaan asing di negara-negara berkembang tertentu.
2.2 Hukum Internasional
Hukum internasional dapat didefinisikan sebagai
peraturan dan prinsip yang dipandang mengikat oleh berbagai negara dan bangsa.
Ada dua kategori hukum internasional: hukum publik atau hukum internasional dan
hukum perdagangan internasional. Hukum internasional menyangkut bidang perdagangan
dan bidang lain yang secara tradisional berada di bawah yuridiksi dari
masing-masing bangsa. Hukum inetrnasional awalnya mengenai pernyataan perang,
menetapkan perdamaian, dan isu politik yang lain seperti pengakuan pengakuan
diplomatik atas kesatuan negara dan pemerintah yang baru.
Pembuatan hukum yang mengatur perdagangan dilakukan
atas dasar hubungan bilateral yang dikembangkan kedalam apa yang disebut dalam
terminologi undang-undang perdagangan. Hukum internasional masih mempunyai
fungsi penegak peraturan, meskipun dalam pengertian yang lebih luas ketimbang
masalah-masalah yang dihadapi yang timbul akibat peperangan. Pertama, hukum
internasional pada dasarnya merupakan campuran dari fakta, perjanjian, kode,
dan kesepakatan. Karena perdagangan diantara negara-negara terus berkembang,
aturan dalam urusan perdagangan diasumsikan mengalami peningkatan yang penting.
2.3 Mengelakan
Permasalahan Hukum: Isu Bisnis yang Penting
Lingkungan global sangat dinamis dan kompleks. Cara
terbaik adalah meminta bantuan kepada pakar hukum. Pemasar yang cerdik dan
proaktif dapat berbuat banyak untuk mencegah situasi yang menimbulkan konflik,
khususnya isu yang menyangkut pendirian, yuridiksi, paten dan merek dagang,
antitrust, lisensi dan rahasia dagang, serta penyuapan.
2.3.1
Pendirian
Untuk menjalankan bisnis, warga negara
dari sebuah negara harus mendapat jaminan bahwa mereka akan diperlakukan secara
adil dinegara lain. Perjanjian perdagangan memberikan hak istimewa untuk
terlibat dalam kegiatan bisnis di negara lain selain negaranya sendiri. Hal ini
dapat menciptakan masalah bagi manajer bisnis yang mungkin masih di bawah hukum
kekuasaan mereka ketika mereka keluar dari negara asalnya.
2.3.2
Yuridiksi
Karyawan perusahaan yang bekerja diluar
negeri seharusnya memahami segala hal yang menyangkut yuridiksi dari sistem
peradilan negara setempat. Perusahaan asing yang beroperasi di Amerika Serikat
harus memahami bahwa pengadilan memiliki yuridiksi terhadap tingkat dimana
perusahaan tersebut dapat ditunjuk untuk “menjalankan bisnis” di negara bagian
tempat pengadilan itu berada. Pengadilan dapat memeriksa apakah perusahaan
asing itu mempunyai kantor, menjalankan bisnis, mempunyai rekening bank atau
properti lainnya, atau mempunyai mempunyai agen atau karyawan lainnya di negara
tersebut yang bermasalah.
2.3.3
Hak Intelektual: Paten
dan merek dagang
Hak paten dan merek dagang yang
dilindungi di satu negara belum tentu dilindungi dinegara lain, jadi pemasar
global harus memastikan bahwa hak paten dan merek dagangnya didaftarkan
disetiap negara dimana bisnis mereka berada. Planggaran merek dagang dan hak
cipta merupakan persoalan kritis di dalam pemasaran global dan hal itu dapat
dalam bragam bentuk yaitu pemalsuan, peniruan dan pembajakan.
2.3.4
Antitrust
Undang-undang antitrust dirancang untuk
melawan praktik bisnis terbatas di Amerika Serikat dan mendorong persaingan.
Undang-undang ini merupakan warisan dari “Zaman Krisis Kepercayaan” di abad ke
19 di A.S. dan ditujukan untuk memperbaiki persaingan bebas dengan membatasi
konsentrasi kekuatan ekonomi.
2.3.5
Lisensi dan Rahasia
Dagang
Lisensi merupakan perjanjian kontraktual
dimana lisensor mengizinkan pemegang lisensi untuk menggunakan hak paten, merek
dagang, rahasia dagang, teknologi atau aset tak berwujud lainnya sebagai ganti
atas pembayaran royalti atau bentuk kompensasi lainnya. Pertimbangan penting
dalam memberikan lisensi termasuk analisis mengenai aset apa yang akan
ditawarkan perusahaan untuk dilisensi, berapa harga aset tersebut, apakah hanya
diberikan hak untuk membuat produk atau memberikan hak untuk menggunakan dan
menjual produknya juga. Hak untuk memberikan su lisensi merupakan isu penting
lainnya. Seperti halnya dengan persetujuan distribusi, keputusan juga harus
dibuat untuk hal-hal yang menyangkut pengaturan eksklusif atau noneksklusif dan
besarnya kewenangan penerima lisensi.
Rahasia dagang merupakan informasi atau
pengetahuan rahasia yang mempunyai nilai komersial, yang berada dalam lindungan
hak cipta dan untuk itu dibuat langkah-langkah untuk menjaga kerahasiaannya.
Rahasia dagang termasuk proses manufakturing, formula, rancangan, dan daftar
pelanggan. Untuk melindungi penyingkapannya, lisensi rahasia dagang yang tidak
dipatenkan harus dihubungkan dengan kontrak rahasia dengan setiap karyawan yang
mempunyai akses ke infformasi yang dilindungi itu.
2.3.6
Suap dan Korupsi
Di era pasca soviet,
perusahaan-perusahaan barat kembali tergoda dengan munculnya peluang di Eropa
Timur. Di sini, seperti di Timur Tengah dan bagian-bagian lainnya di dunia ini,
perusahan barat tersbut menemukan bahwa suap merupakan suatu cara hidup dan
korupsi menyebar luas. Kenyataan bahwa tindakan penyuapan yang terjadi di pasar
dunia tidak akan berubah hanya dalam waktu semalam karena hal itu tidak
dibenarkan oleh pemeintah. Ada tiga alternatif yang dapat dilakukan perusahaan
jhika pesaing menawarkan suap. Pertama adalah
mengabaikan penyuapan dan bertindak seolah-olah hal itu tidak ada. Kedua
adalah mengakui adaya penyuapan dan mengevaluasi pengaruhnya kepada keputusan
pembelian pelanggan seolah-olah penyuapan itu merupakan unsur lain dari bauran
pemasaran. Ketiga adalah mengatakan kepada pesaing bahwa anda bermaksud untuk
mengajukan tuduhan penyuapan dinegara asalnya.
2.4 Pemecahan Konflik, Penyelesaian Perselisihan,
dan Proses Pengadilan
Berbagai negara memiliki cara yang berbeda dalam
penanganan ke arah pemecahan konflik. Konflik tidak mungkin dihindari akan
muncul dalam bisnis dimanapun, khususnya apabila budaya yang berbeda bertemu
untuk membeli, menjual, mendirikan usaha patungan, bersaing dan bekerjasama di
pasar global. Penyelesaian diluar pengadilan merupakan alternatif pendekatan
yang memberikan cara yang lebih cepat, mudah dan murah untuk menyelesaikan
perselisihan perdagangan daripada melalui proses pengadilan. Arbirase adalah
suatu bentuk penyelesaian dalam perselisihan bisnis internasional formal yang
dilakukan diluar pengadilan yang mendengarkan semua pihak yang terlibat sebelum
mendengarkan dari tiga anggota tim juri. Biasanya hasilnya merupakan suatu
keputusan dimana pihak-pihak yang bersengketa setuju untuk patuh.
2.5 Lingkungan
Pengaturan
Lembaga pengatur dalam pemasaran global terdiri dari
beragam agensi, baik dari pihak pemerintah maupun yang non-pemerintah, yang
menjalankan undang-undang atau menetapkan garis pedoman untuk memimpin bisnis.
Sejumlah lembaga agensi yang ditujukan untuk permasalahan pemasaran yang sangat
luas, termasuk hal-hal: pengendalian harga, penetapan nilai ekspor dan impor,
praktik perdagangan, pemberian label, pengaturan makanan dan obat-obatan,
kondisi tenaga kerja, tawar-menawar kolektif, isi iklan, praktik persaingan,
dan lain sebagainya. Keputusan IEOs ( International Economic Organizations)
mengikat dan dijalankan oleh negara yang menjadi anggotanya. Pengaruh agensi
pengatur itu dapat meresap, dan pemahaman atas cara operasinya sangat
diperlukan untuk melindungi kepentingan bisnis dan memajukan program-program
baru.
2.5.1
Organisasi Ekonomi Regional: Contoh Uni Eropa
Pengadilan peradilan Eropa yang berbasis di
Luksemburg, mendengarkan perselisihan yang terjadi diantara 15 negara Uni Eropa
yang menjadi anggotanya atas permasalahan perdagangan seperti merger, monopoli,
dan hambatan perdagangan. Pengailan itu juga berwenang untuk memecahkan konflik
antara undang-undang nasional dan undang-undang Uni Eropa, yang dikebanyakan kasus
akhirnya menggambarkan undang-undang nasional dari masing-masing negara Eropa.
Pemasar harus selalu waspada sehingga undang-undang nasional harus selalu
dikonsultasikan. Undang-undang nasional mungkin lebih ketat dibanding
undang-undang komunitas khususnya di dalam bidang-bidang tertentu seperti
persaingan dan antitrust. Tujuannya adalah untuk menghasilkan standar hukum
minimum dari beberapa negara anggota yang sebelumnya lebih bebas. Namun hal ini
mungkin tidak mencegah posisi yang lebih ketat dalam beberapa hukum nasional.
2.5.2
Organisasi Perdagangan Dunia
Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade
Organization – WTO, sebelumnya GATT) merupakan badan pengatur dengan pengaruh
yang sangat luas dalam kegiatan pemasaran global. Lebih dari 120 pemerintah negara
yang menandatangani perjanjian GATT dalam usaha untuk menciptakan hubungan
perdagangan internasional yang teratur dan dapat diprediksi. Terdapat tiga
prinsip dasar dalam GATT. Pertama mengacu pada nondiskriminasi: Setip negara anggota harus memperlakukan
perdagangan dari semua negara anggota dengan cara yang sama. Kedua adalah Pasar Terbuka yang didorong oleh GATT
lewat larangan segala bentuk proteksi kecuali bentuk bea-cukai. Ketiga adalah Perdagangan Yang Adil yang melarang subsidi ekspor atas produk manufaktur dan membatasi
penggunaan subsidi ekspor untuk produk primer. Dalam kenyataanya, tak satupun
prinsip-prinsip ini ynag diwujudkan sepenuhnya, meskipun banyak kemajuan yang
telah dilakukan . Penghalang non-tarif, proteksi atas hak kepemilikan intelektual,
dan subsidi pemerintah tetap menjadi batu sandungan besar.
2.5.3
Kasus pengembangan pariwisata asia timur
2.5.3.1 Heritage
Vs Modernisasi n globalisasi
WTO membagi Asia Timur dan Pasifik kedalam Asia
Timur Laut, Asia Timur, dan Oceania. Negara-negara ini membagi wilayah Asia
dengan kesamaan dan perbedaannya sebagai suatu destinasi wisata.
Secara statistik, Negara China
sekarang ini mendominasi perkembangan industri pariwisata dan Asia pasifik
mempunyai jumlah yang lebih banyak dari wilayah Asia Tenggara. Asia Timur
mempunyai jumlah kedatangan wisatawan yang meningkat 14,6% di tahun 1999, dari
jumlah yang sebelumnya yaitu 9,5% di tahun 1985. wisata outbond juga mempunyai
kemajuan sebanyak 15% dari total dunia dan tercatat sebagai pertumbuhan global
tertinggi. Hal ini dicatat oleh WTO pada tahun 2000.
Sebagian dari turis menghabiskan waktu di Asia dan
didukung oleh fasilitas pariwisata yang
baik, sehingga dapat menaikkan kondisi ekonomi. Asia Timur dapat memikat turis
dengan menawarkanpopularitas dan atraksi yang menarik. Bagaimanapun juga,
tingkat kunjungan turis inbound rendah di beberapa Negara. Hal ini disebabkan
oleh kurang mengeksplorasi kesempatan. Di beberapa kasus, ada banyak penghalang
yang berasal dari Negara itu sendiri. Sebelum mereka menyadari potensi yang
ada, proses ini bergantung pada perubahan kondisi ekonomi, politik, dan
lingkungan sosial.
2.5.3.2 Trend dalam atraksi wisata
Daya tarik yang dimiliki oleh Asia Timur merupakan
daya tarik alam dan budaya heritage. Daya tarik alam yang dimiliki berupa
iklim, pantai, pulau, hutan, pemandangan, tumbuhan dan kehidupan binatang.
Atraksi budaya yang dimiliki berupa bangunan bersejarah, historical sites,
festival, pakaian tradisional, kebiasaan, seni, dan kerajinan. Tetapi hal itu
tidak mengakibatkan atraksi lain seperti mall, event, taman hiburan, resort,
dan kasino menjadi sepi. Begitu juga dengan wisata olahraga tetap menjadi
hiburan yang menarik. sex tourism tidak dapat dipungkiri juga menjadi daya
tarik wisata di Negara-negara tertentu. Atraksi wisata tidak hanya dapat
ditemukan didaerah pantai dan pedesaan saja, dapat juga ditemukan di daerah
metropolitan.
Taman hiburan merupakan atraksi yang menarik dan
memiliki ciri dari wahananya. Taman hiburan menjadbagian dari pertumbuhan
industri hiburan yang didasarkan pada permintaan atas produk hiburan. Investasi
banyak dilakukan oleh Negara-negara Eropa dan Amerika untuk wilayah Asia dan Pasifik
dimana industri di Jepang sudah cukup maju.
Dari sekitar 20 taman hiburan di dunia pada tahun
1999, Disneyland Tokyo memiliki tingkat kunjungan tertinggi yaitu lebih
dari17,45 juta wisatawan. Tiga buah taman hiburan lain di Jepang juga masuk
dalam daftar tersebut. Pada saat ini terdapat 30 taman hiburan yang memiliki
tingkat kunjungan sebesar 1 juta wisatawan, dan 30 lainnya mempunyai tingkat
kunjungan sekitar 500 ribu sampai 1 juta pengunjung. Taman hiburan ini terletak
di sekitar kota Tokyo, setelah opening taman-taman hiburan tersebut di tahun
1983, mengakibatkan investasi skala besar, periundangan, dan kenaikan
pendapatan.
Pertumbuhan ekonomi di Jepang sangat dipengaruhi
oleh berdirinya taman hiburan tersebut. Meskipun terdapat permasalahan dalam hal
manajemennya, tetapi konsep dari taman hiburan tersebut dapat memperbaiki
popularitasnya.
Universal study membuka taman hiburannya yang
pertama berada diluar USA, yaitu di Osaka pada tahun 2001, bersamaan dengan
beroperasinya Disneysea di Tokyo. Selain itu investasi besar juga direncanakan
untuk China, Taiwan, dan Korea selatan dimana terdapat 2 taman hiburan ternama
di dunia.
Atraksi modern lainnya juga terdapat di Asia Timur,
yaitu Mixed Retail, hiburan lain yang juga terdapat contohnya COEX Plasa di Korea
Selatan, dengan ibukota Seoul, disini terdapat Aquarium, Multiplex, dan retail
yang luasnya mencapai 95.000 meter persegi. Trend ini mencakup luasnya,
fasilitas pendukung, yang berhubungan dengan teknologi dan komponen-komponen
dari retail, serta memiliki tempat di sepanjang atraksi alam, budaya, dan
sejarah.
Destinasi di Asia Timur yang memiliki berbagai
atraksi untuk pasar excusionis, turis domestic, dan wisatawan Asia dan Negara
barat, dimana masing-masing memiliki kebutuhan dan ekspetasinya masing-masing.
Apa yang menjadi nilai bagi atraksi
tersebut tergantung dari intrepretasi dan persepsi dari masing-masing
turis, baik individu maupun grup.
Perbedaan budaya menjadi tolak ukur bagi kualitas
suatu atraksi. Contohnya, orang-orang Negara barat lebih menyukai keromantisan
dan lebih idealisterhadap keorientalan dan lingkungannya. Yang disuguhkan pada
mereka dalam bentuk keeksotisan dan misterius dalam imej promosi dan pekerjanya
oleh industri pariwisata. Untuk memanfaatkan keragaman pasar dan produk, perbedaannya
budaya telah dimanfaatkan oleh banyak organisasi pariwisata nasional.
Contohnya, Tourism Authority Of Thailand telah berpindah dari mass marketing
dan sekarang ini focus pada atraksi yang berupa makanan, belanja, kesehatan,
sejarah, olahraga, budaya, dan bisnis travel. Negara lain seperti Kamboja dan
Mongolia lebih berfokus pada satu atribut. Ekowisata yang menggabungkan alam
dan dimensi satu social, lebih banyak dikembangkan seperti wisata heritage.
Kompleksitas antara sejarah dan wisata merupakan
subjek yang banyak diperdebatkan. Heritage mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai
atraksi wisata dan sebagai alat untuk membentuk nasionalitas dan
mengekspresikan identitas, menjadikan kondisi politik dan social sebagai nilai
ekonomi yang akan menambah pendapatan dan mengurangi pengangguran. Banyak
komentator yang mengkritisi eksploitasi pada heritage oleh industri pariwisata
dan kebijakan pemerintah. Selain untuk atraksi wisata, tetapi juga harus
dihargai sebagai perlindungan terhadap sejarah dan konservasi. Hal tersebut
berhubungan dengan Negara yang yang baru saja merdeka dan pembentukan koloni,
atau selama perubahan waktu dan ketidakpastian. Ini merupakan karakteristik
dari banyak Negara di Asia. Hongkong dan Singapura merupakan Negara pemimpin
wisata heritage, khususnya dalam marketing dan planningnya. Hongkong menjadi
Special Administrative Region (SAR) bagi orang-orang komunis di China pada
tahun 1997, setelah 150 tahun dijajah Inggris, sementara populasi multiracial
di Singapura mendapat kemerdekaannya pada tahun 1965. hal ini menjadi
pertanyaan bagi pemerintah dan masyarakat mengenai arti dari identitas dan
heritagenya.
2.5.3.3 Perencanaan
strategi, identitas dan atraksi warisan (Heritage)
Hongkong dan Singapore adalah daerah tujuan wisata
internasional yang sangat sukses, dimana keduanya memiliki rencana strategi
dengan tujuan yang sama yaitu menjadi kota tujuan wisata internasional yang
berprinsip. Rencana ini mengharuskan memperkuat kekuatan yang dimiliki saat
ini, memikirkan produk yang inovatif dan memperluas pendekatan pasar dengan
memasukan atraksi baru dan mengembangkan yang telah ada. Warisan memilki sebuah
kontribusi penting untuk merealisasikan hasil sasaran, dan telah diberikan
prioritas yang tinggi oleh komisi pariwisata hongkong (HKTC). Bangunan dan
sejarah dan situs arkeoligikal dengan pariwisata yang potensial telah
teridentifikasi, dan pemeliharaan tradisi yang penuh warna didukung dengan
sebuah kekuatan wisata heritage yang baru saja di format. Pendekatan heritage
dan budaya tradisional yang telah sama-sama diketahui di Singapore, dan rencana
terbaru yang mengusulkan cluster heritage
yang spesifik dan atraksi budaya sebagaimana pengembangan zona yang
pantas. Tema area etnik Chinatown saat ini merupakan langkah-langkah yang
sedang dilaksanakan.
wisata honggkong menawarkan serangkaian warisan yang dibangun pada jaman kerajaan Cina dan koloni Inggris seperti halnya situs kesejarahan,
warisan jalanan dan tradisi dan kebiasaan. Singapore, juga mengiklankan warisan
fisik dari monumen, bangunan, dan situs. Kebanyakan berasal dari periode
colonial, tetapi arsitektur pribumi dan penjelmaan dari warisan etnik juga
ditonjolkan. Keduanya memiliki museum yang bervariasi dan gtaleri yang
dibagi-bagi sesuai dengan aspek sejarah dan budayanya.
Dalam penambahan keuntungan komersil, terdapat
pertimbangan sosial-politik untuk mempertimbangkan mengenai wisata heritage. pemerintah kolonial di hongkong, beraksi melalui
barang-barang dari zaman kuno dan kantor monument, yang khususnya telah aktif
pada masa sebelum peralihan. Banyak monument yang terdaftar telah disetujui oleh pemerintah pada tahun
1980 dan pertengahan 1990, dan sebuah kepercayaan warisan yang telah
dibentuk pada 1992 untuk meningkatkan kesadaran dan bantuan masyarakat
mengorganisasi proyek heritage ini. Rezim inggris membangun pusat kebudayaan
hongkong pada tahun 1989, sebuah tempat seni di desain menyolok di tepi pantai,
dan bertanggung jawab untuk beberapa musium baru. Aksi ini dapat dijelaskan
dalam istilah penyataan sebuah identitas honggkong yang terpisah. Dan warisan untuk membantu wilayah itu
mempertahankan ciri khas nya dan mempertahankan agar tetap utuh dengan status
china yang lebih luas.
Cara berpendirian pemerintah yang baru
adalah salah satu factor pendorong berkelanjutan untuk heritage dengan penekanan pada sejarah panjang China Hongkong
yang berhubungan dengan prestasi masa kini dan ambisi dimasa depan. Musium
sejarah hongkong dibuka kempali pada lokasi yang diperbesar pada ahun 2000,
ketika sebuah musium heritage Hongkong yang ditemukan bersama sebuah rekonstruksi baru biara dinasti Tang
yang memperlihatkan jalur keluarga cina orang hongkong. Banyak atraksi yang
dapat dilihat sebagai perwujudan asal yang umum dan tujuan cina dan hongkong.
Aturan inggris yang dilukiskan sebagai sebuah interupsi temporary, dan sejarah
merekamnya sebagai sesuatu yang patut dikenang dan “bayangan inggris” pada
asosiasi pariwisata hongkong. Dengan begitu situs heritage dapat menjadi cara
untuk menyampaikan pesan tentang konstruksi identitas yang formal.
Selain modernisasi, tugas pemerintah
Singapore yang juga sama beratnya adalah mengharmonisasi pembangunan dengan
multicultural yang dimiliki orang Singapore walaupun 75% dari populasi
merupakan mayoritas etnic china, tetapi pemerintahpun harus memperhatikan etnic
lain seperti malay, india, dan lainnya. Kebijakan ini tercermin dalam perilaku
perawatan warisan bangunan sebagai peralihan Singapore dari Negara jajahan ke
status modern yang dilakukan untuk menghormati masa lalu.
2.5.3.4 Atraksi yang lebih modern
Heritage dan identitas juga dipengaruhi oleh globalisasi dan
berhubungan dg perubahan sosial, yang sering mendorong homogenitas budaya. Hong
Kong Dan Singapore menunjukan tanda dari banyak internationalisasi, tetapi
mereka mempunyai sejarah yang menjelaskan pengaruh luar dan suatu kultur
ambivalen yang telah muncul, yang mana bukan secara keseluruhan Asia Maupun
Barat. barangkali Ada suatu interaksi tetap internasional, nasional, kesukuan (
di dalam kasus Singapura) dan lokal ( di dalam kasus Hongkong) Lapisan
identitas, yang lebih lanjut mempersulit penyelidikan itu.
Untuk masa depan, atraksi modern merupakan pusat dari perencanaan
strategi yang dimiliki Hongkong dan Singapure, melebihi wisata heritage sebagai
arti pentingnya jika diukur oleh tingkat nyata dan perencanaan investasi.
Hongkong membuat proyek penyediaan fasilitas berskala besar, HKTC
merekomendasikan sebuah terminal untuk kapal pesiar, pusat konfrensi dan
pameran yang lain, dan pusat pertunjukan kesenian dan stadion serbaguna. Persetujuan
inovasi ini telah dilakukan di Hongkong Disneyland, sebuah taman daratan dan
perluasan ke taman samudra. Di bawah tinjauan ulang adalah dua sistem kereta
kabel yang menghubungkan lokasi atraksi, sebu7ah dermaga nelayan dengan gaya
san fransisco dan sebuah koridor hiburan di Lantau Island. Kesanggupan
pemerintah untuk mengembangkan pariwisata berskala besar dengan dukungan
keuangan untuk Disneyland hongkong.
2.5.3.5.1 Hongkong
Disneyland
Pemerintah hongkong dan perusahaan Walt Disney membentuk kerjasama spekulasi
perusahaan yang bernama Hongkong internasional theme park Ltd untuk membangun
dan mengoperasikan taman ini. Taman ini akan mengunakan gaya Disney Amerika
yang tradisional, dan pengaruh Chinese seperti pada makanan dan bahasa yang
digunakan. Pembangunan Disney hongkong ini tentu saja akan sangat menguntungkan
dan pembangunan ini merupakan perwujudan
dari modernisasi pariwisata Hongkong.
2.5.2.5.2
Singapore haw far villa
Singapore haw far villa didirikan oleh aw bersaudara pada tahun 1937, dan
dikenal sebagai kebun balsem harimau, kekayaan keluarga itu dihasilkan dari
nama perusahaan itu. sebagai tambahan terhadap rumahnya sendiri, yang
dirobohkan setelah perang dunia yang kedua, terkenal sebagai suatu colletion tentang
pajangan dan patung yang hebat dengan diwarnai berbagai ilustrasi cerita
dari dongeng-dongeng china dan mitos pergaulan agama dan percampuran
ideologi. sebanyak 1000 figur dan 150 peremajaan telah diperbaharui antar
tahun 1937 dan 1954, ini dimaksudkan
untuk mengabarkan pelajaran moral dan mempromosikan nilai-nilai kebaikan di
atas kejahatan dan sikap baik pada orangtua,
Dari waktu ke waktu, kebun ini
dilalaikan dan ketinggalan jaman, harapan keluarga pada tahun 1985 memberikan
status bahwa kebun itu bisa difungsikan kembali. Kebun ini mempunyai nilai yang
potensial untuk menjadi suatu atraksi, sehingga singapore memungut sewa dari
sector ini. pihak swasta memiliki tander untuk prakarsa yang mengkombinasikan
pengembangan kembali dan pemeliharaan lokasi ini. taman membuka kembali
faasilitas seperti dunia ular naga pada tahun 1990 setelah mengalami
perbaika. fasilitas modern seperti
teater dalam rumah, permainan air, sepanjang 60 meter yang berbentuk ular naga
berupa suatu perahu. toko pengecer menyediakan berbagai makanan, semua
fasilitas yang ditambahkan, itu merupakan hasil perkawinan teknologi modem dan
chinesse yang tradisional dengan harga tiket masuk sebesar S$11 yang naik
menjadi S$16,5.
Suatu konsultan mengangkat Suatu
penawaran proyek untuk membantu proses konsolidasi melalui perencanaan ruang,
seni taman dan aspek lain infrastruktur. penawaran lain pada awal tahun 2001
akan mencari operator untuk mengatur taman mengontrak, membuka kembali pada
awal 2002. Bagaimanapun, [itu] telah diungkapkan April 2001 yang suatu operator
baru ( Manajemen Dunia Timur Pte Ltd) akan pemeliharaan [itu] membuka dan
menawarkan pintu masuk cuma-cuma. Renovasi oleh craftsmen akan diselesaikan
melalui langkah-langkah dengan meminimum
hal-hal yang tidak menyenangkan pengunjung.
Menurut STB , atraksi akan
diposisikan sebagai tempat di mana pengunjung dapat:
Belajar tentang Warisan/Pusaka Cina Dan
Mitologi, dibandingkan sebagai Pertunjukan Western-styled . Tantangan kami
adalah untuk memikat lebih banyak pengunjung pada taman ini sehingga mereka
dapat menghargai bagaimana berharganya taman sebagai asset budaya yang memberi
pengertian yang mendalam tidak hanya ke dalam Mitologi Cina, tetapi juga ke
dalam hidup ketika taman itu dibangun. (
STB, 2001)
Kesimpulan
Explorasi mengembangkan atraksi di Hong
Kong Dan Singapura mengungkapkan sebagian dari permasalahan dan semua tujuan
mengejar pengenalan dan pertumbuhan suatu industri turisme yang kompetitif,
menunjukkan ke perubahan internal dan eksternal. Hong Kong Dan Singapura sudah
menjawab tantangan yang dihadapi dengan
penerapan strategi turisme dapat diperbandingkan dalam kaitan dengan
peningkatan produk, inovasi dan pemasaran, mengarahkan pada keunggulan yang
serupa sebagai suatu Tujuan Kota besar Asia, dengan jenis atraksi serupa.
Kebijakan diikuti dengan para agen
turisme, dengan aktif yang didukung oleh pemerintah.
Bab ini telah menunjukkan bahwa promosi
atraksi warisan/pusaka tidaklah didikte oleh ekonomi sendiri. Warisan/Pusaka
Atraksi adalah explorasi, penemuan dan ungkapan nasional sebagai identitas
budaya. Maksud dari identitas dan warisan/pusaka dari yang itu sebagai status
bertindak sebagai suatu pengambil-keputusan dari berbagai hal penafsiran,
presentasi dan konservasi . Turisme dengan begitu menjadi suatu medium untuk
transmisi , Hong Kong Dan Singapura menggambarkan sebagian dari proses ini,
seperti halnya hal-hal penting hubungan antara identitas, warisan/pusaka dan
turisme. Pengunjung Warisan/Pusaka Atraksi sudah menjadi suatu isu politis di
dalam penempatan kedua-duanya, seperti halnya di tempat lain di (dalam) daerah,
dan bab ini menyatakan bahwa . atraksi terbaik dipelajari dan dipahami
mereka.di dalam konteks sosial dan politis yang lebih luas.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pemasar
yang cerdikmenggunakan kesadaran mereka mengenai kompleksitas lingkungan hokum
untuk menghindari situasi yang mungkin menimbulkan konflik, salah pengertian,
atau pelanggaran hukum nasional secara terbuka. Jelas, bagi saran hukum dari
orang yang kompeten amat diperlukan. Hal ini akan benar-benar terasa apabila
wilayah operasi sudah menjangkau berbagai negara, karena kecil kemungkinan
untuk mengandalkan pada pengetahuan hukum yang diperoleh dari pengalaman
pribadi.
3.2 Saran
Semoga
makalah yang kami tulis ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca.
Komentar
Posting Komentar