Langsung ke konten utama

Analisis sebuah jurnal tentang pemasaran

ANALISIS KASUS PEMASARAN GLOBAL KOMPILASI HASIL PENELITIAN E-MARKETING 


I.                   PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi komunikasi, media dan informatika (telematika), terutama multimedia dan internet, telah mengubah masyarakat dalam melakukan sebagian besar aktifitas. Perusahaan dewasa ini banyak dituntut untuk memiliki strategi bisnis yang kuat, demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan pemasarannya. Dalam membangun kekuatan dan strategi tersebut diperlukan alat yang dapat mendukung pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan adalah internet.

Penggunaan internet dapat mempermudah untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Dengan memanfaatkan internet, perusahaan dapat memasarkan produknya secara elektronik atau online, istilahnya e-marketing. Perusahaan juga dapat mempromosikan keberadaannya agar lebih dikenal masyarakat luas.

PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara sejak beberapa tahun terakhir membentuk suatu unit kerja baru yaitu pengembangan usaha untuk melakukan ekspansi usaha dengan mengelola atau merawat gedung-gedung di luar induk perusahaan PT. Bank Mandiri, serta melaksanakan jasa konstruksi atau renovasi gedung dengan menempatkan tenaga ahli konstruksi berpengalaman dibidang arsitektur dan sipil agar bersinergi dengan keahlian mekanikal atau elektrikal yang telah dimiliki perusahaan selama ini.
Tujuan dan manfaat pada penulisan ini adalah mengembangkan website e-marketing yang tepat bagi  perusahaan sehingga mampu menjadi media yang tepat bagi perusahaan dalam memasarkan jasanya agar meraih pelanggan dengan lebih baik. Mendukung strategi pemasaran sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan hubungan yang lebih baik di masa mendatang. Diharapkan pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai perusahaan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Mendapatkan pengetahuan dan wawasan tambahan dalam hal pemasaran, khususnya e-marketing.

II.                LANDASAN TEORI
Menurut Nielsen (2006), dalam mengembangkan suatu website, ada beberapa hal yang perlu diamati sehubungan dengan konsep usability “kegunaan” yang merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) keterbukaan, (2) pengalaman pengguna web, (3) lebih awal meninjau temuan kegunaan web, (4) memprioritaskan pencarian, navigasi dan arsitektur informasi, (5) mudah dibaca & menyajikan elemen-elemen halaman, (8) menyelaraskan teknologi dengan kebutuhan masyarakat, dan (9) desain yang baik.

E-marketing adalah suatu proses membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan melalui suatu kegiatan online untuk memberikan fasilitas pertukaran ide, produk dan pelayanan untuk memenuhi keinginan dari kedua belah pihak (Rafi et al, 2003).

Kotler (2003) berpendapat bahwa e-marketing adalah sisi pemasaran dari e-commerce yang terdiri dari usaha perusahaan untuk memberikan informasi, berpromosi dan menjual produk dan pelayanan melalui internet. Bagian lain selain e-marketingadalah e-purchasing, yang merupakan sisi proses penjualan e-commerce.


III.             ANALISIS
ANALISIS JURNAL PENELITIAN ILMIAH MENGENAI
“Pengembangan Website e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”
Sebelum melakukan pemasaran melalui internet, perusahaan telah melakukan analisis terhadap peluang pasar yang akan diperoleh nantinya. Perusahaan melakukan analisis bisnis yang ada dan mempertimbangkan untuk membuat strategi pemasaran yang potensial yang dapat memperkuat strategi unit bisnisnya. Strategi pemasaran seperti : (a) segmentasi-berdasarkan karakteristik segmentasi, pasar perusahaan masih tetap terbagi menjadi dua segmen yaitu membangun dari awal produk arsitektur yang belum ada dan mengembangkan produk arsitektur yang sudah ada. 

Untuk kebutuhan customer relationship perusahaan dapat melakukan : (a) awarness – beberapa strategi yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan awarness bagi konsumen lama maupun calon konsumen melalui dua cara,yaitu offline – dilakukan dengan mencantumkan alamat situs web perusahaan pada company profile maupun kartu nama yang diberikan kepada pelanggan. Domain alamat email yang telah digunakan adalah www.ptugbdn.co.id. Digunakannya www.ptugbdn.co.id sebagai nama dari alamat web perusahaan karena lebih dikenal oleh pelanggan lama perusahaan serta untuk pelanggan baru perusahaan akan lebih mudah mengingat sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi pelanggan.

Sistem pemasaran yang sedang berjalan atau yang ada sebelumnya terdapat kebutuhan maupun harapan member yang belum terpenuhi. Selain itu pula, terdapat peluang pasar yang cukup besar bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas pangsa pasarnya. Sistem yang baru menawarkan fitur fungsionalitas dan penyebaran informasi perusahaan kepada calon-calon pelanggan serta membantu perusahaan merancang strategi pemasaran, program pemasaran dan bauran dalam memelihara bisnis dengan pelanggan yang mendukung interaksi.

IV.              REFERENSI
Buku : 
Chaffey, Dave. 2000. Internet marketing:Strategy, Implementation and Practice. New Jersey: Pretince Hall.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey:Pearson Education.

Nielsen J. & Loranger H. 2006. Prioritizing Web Usability. Berkeley : New Riders.

Whitten, Jeffrey. 2001. System Analysis & Design Method. New York : Mc Graw-Hill.

Jurnal Nasional :
Honny san Fitri Amelia. 2011. “Pengembangan Website e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”.Jurnal Sistem Informasi : Binus University.

Komentar

  1. Baccarat | Betting on sports online | Online Casino | Odds - Wolverione
    Online Casino in worrione England 온카지노 · Play baccarat for free 1xbet korean · Check out our casino reviews at Oddsmonkey and enjoy all the latest online casino games.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus PT. Indofood Sukses Makmur.Tbk

Nama: Annisa Shahida Kelas: 4EA11 NPM: 10215889 BAB I LATAR BELAKANG MASALAH Situasi pasar saat ini semakin kompetitif dengan persaingan yang semakin meningkat pula diantara para produsen. Jika situasi persaingan meningkat, peran pemasaran akan makin meningkat pula dan pada saat yang sama peran brand akan semakin penting. Dengan demikian, brand saat ini tak hanya sekedar identitas suatu produk saja dan hanya sebagai pembeda dari produk pesaing, melainkan lebih dari itu, brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen. Pesaing bisa saja menawarkan produk yang mirip, tapi mereka tidak mungkin menawarkan janji emosional yang sama. Pasar telah dibanjiri berbagai jenis barang yang diproduksi massal, akibatnya konsumen pun menghadapi terlalu banyak pilihan produk, namun sayangnya informasi tentang kualitas-kualitas produk yang ada di pasaran sangat minimum sekali. Dalam kondisi seperti itu, produsen harus punya keahlian untuk

Kasus pelanggaran rtika bisnis oleh PT.NESTLE

Nama: Annisa Shahida Kelas: 3EA11 PENGERTIAN ETIKA BISNIS Etika bisnis merupakan landasan tentang moralitas dalam ekonomi atau bisnis dan semua pihak yang terkait untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan ilmu ekonomi dan mencapai tujuan atau mendapatkan laba, sehingga kita harus menguasai sudut pandang ekonomi, hukum dan etika maupun moral agar bisa mencapai target yang diinginkan. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh manusia, aspek baik atau buruk yang dilakukan oleh seseorang. Tetapi sampai sekarang masih belom pernah etika bisnis mendapat begitu banyak perhatian seperti sekarang. Perilaku tidak etis dalam kegiatan bisnis sering juga terjadi karena peluang yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan yang kemudian disahkan dan disalah gunakan dalam penerapannya dan kemudian dipakai sebagai dasar untuk melakukan perbuatan yang melanggar etika bisnis. PRINSIP ETIKA BISNIS Secara umum etika bisnis harus ditempuh oleh perusahaan agar tercapai

Norma, Moral dan Etika dalam bisnis global (Mc Donald)

Nama: Annisa Shahida Kelas: 3EA11 NPM: 10215889 PENGERTIAN ETIKA BISNIS Pergertian Etika Etika berasal dari dari kata Yunani ‘Ethos’ (jamak – ta etha), berarti adat istiadat . Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat Etika berkaitan dengan nilai-nilai, tatacara hidup yg baik, aturan hidup yg baik dan segala kebiasaan yg dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang yang lain atau dari satu generasi ke generasi yg lain. Etika mempelajari dan menentukan apakah suatu tindakan bernilai baik atau buruk dan tindakan apayang seharusnya dilakukan dengan benar atau tidak benar (salah) Peranan etika adalah sebagai tolok ukur kesadaran manusia untuk melakukan tindakan yang bertanggung jawab sedangkan manfaat etika yaitu mengajak orang bersikap kritis, rasional dan otonom menuju suasana tertib, damai dan sejahtera. Pengertian etika = moralitas Moralitas berasal dari kata Latin Mos (jamak – Mores) berarti adat istia